Buku: Zulkarnain Agung – Antara Cyrus Dan Alexander

“Membaca karya Ustadz Wisnu rasanya selalu seperti masuk mesin waktu. Seolah dibimbing ‘berperjalanan’ bersama dan sekitar para tokoh sejarah dengan dipandu ilmu dan hikmah, dan berujung pada pencerahan. I close this book, hungry for more.

Dr. Fajri M. Muhammadin

Peneliti di Departmen Hukum Internasional dan Dosen Fakultas Hukum UGM

“Kisah al-Quran selalu menarik diperbincangkan, dan mengundang rasa ingin tahu, dari dulu hingga kini. ciri khas kisah al-Quran ialah tidak menguraikan detail tokoh layaknya data KTP kita, karena al-Quran bukan buku sejarah dan bukan buku biografi. Dia adalah kitab petunjuk kehidupan. Narasi sejarahnya lebih dititikberatkan kepada peristiwa dan pelajarannya bagi kehidupan manusia. Diskusi soal siapa sebenarnya sosok Zulkarnain dalam al-Quran telah memikat banyak mufassir, sejarahwan dan cendekiawan untuk menelaahnya. Buku ini berhasil dengan apik dan sabar membawa kita memasuki lorong sejarah untuk menemukan kehidupan sosok misterius yang diabadikan keteladanannya dalam kitab suci umat Islam.”

Ustad Fahmi Salim

Wakil Ketua Majelis Tabligh PP Muhammadiyah dan Founder Al-Fahmu Institute

Zulkarnain: Faith and Power
Kekuasaan akan membuat seseorang menginginkan lebih. Ketika seseorang mendekat dengan kekuasaan maka ia akan terkena fitnah (cobaan). Setiap kekuatan adidaya akan menginginkan kekuasaan yang lebih besar lagi. Namun pada saat yang sama ketika keinginan memperbesar kekuasaan semakin dominan maka cepat atau lambat Allah akan meredupkannya, sebab, tidak ada kekuasaan yang abadi, lestari, dan langgeng kecuali kekuasaan Allah. Sumeria, Assyria, Babylonia, Persia, Makedonia, Romawi, Umayyah, Abbasiyah, Usmaniyah, Britania Raya, semua datang lalu pergi digantikan oleh mereka yang Allah kehendaki.

Umumnya, kekuasaan itu merusak, sebagaimana dikatakan Lord Acton, “Power corrupts. Absolute power, corrups absolutely.” Dr. Yasir Qadhi mengatakan diktum ini merupakan “aturan umum” dalam kekuasaan. Tidak ada satu pun yang dapat merusak ego seseorang melebihi kekuasaan, sebab, kekuasaan memberi seseorang ketenaran, kekayaan, dan kemudahan akses terhadap banyak hal. Jika hatinya terbawa terlampau dalam, maka akan timbul padanya kekhawatiran bahwa suatu saat nanti semua itu akan hilang darinya, suatu saat semua penghormatan manusia kepadanya sirna, semua kemudahan akses dan fasilitas hilang, semua kendali akan angkatan perang dan otoritasnya dalam roda perekonomian akan berpindah, dan juga ucapannya tidak lagi dianggap tinggi seiring pudar kemasyhurannya. Di atas semua itu, ia akan takut kematian karena kematian memutus dirinya dari buaian kekuasaan.

Ini merupakan fitnah besar bagi seorang laki-laki, sebab dalam fitnah kekuasaan mencakup juga fitnah harta dan wanita. Melalui fitnah wanita itu hidup seorang laki-laki dapat tercerai-berai, keluarganya terbengkalai, kehormatannya terurai, dan Akhirat pun bisa tergadai. Ini baru musibah
yang menimpa diri dan keluarganya, belum lagi imbasnya terhadap masyarakat atau negeri yang ia pimpin. Tidak ada yang selamat kecuali mereka yang Allah tolong dengan petunjuk-Nya. Sehingga kita menyaksikan banyak skandal serta kasus-kasus hukum pidana dan perdata yang menimpa sejumlah para penguasa di dunia sejak dahulu, dan begitulah tabiat kekuasaan.


Zulkarnain radhiallahu ‘anhu adalah pengecualian dari semua di atas dan poin ini merupakan salah satu faedah dari kisah Zulkarnain dalam al-Quran. Dengan segala kekuatan, kekuasaan, perbeendaraan harta, dan ilmu yang Allah berikan, Zulkarnain menjadi seorang raja yang tidak saja selamat dunia dan akhirat-Nya, tetapi juga bermanfaat bagi mereka yang berada di bawah naungan otoritasnya.

Pemesanan:
http://www.tokoalvabet.com/home/598-zulkarnain-agung.html

One thought on “Buku: Zulkarnain Agung – Antara Cyrus Dan Alexander

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s