Buku "Benarkah Kaisar Heraklius Masuk Islam?" Dan Islamic Book Award 2020 (Non Fiksi Dewasa Terbaik)


Bismillah

Di bulan November 2017, dorongan untuk menulis buku sudah tak terbendung lagi. Nothing to lose… apakah ada penerbit yang mau endorse jadi buku, apakah ini akan berakhir sebagai postingan blog, ataukah akan diterbitkan dalam bentuk ebook lalu disebar gratis, ataukah hanya menggenapkan mimpi ingin menulis buku sejak dulu. Nothing to lose maksudnya dalam hasil akhir keduniaan. “Siapa yang mau baca?” Pertanyaan itu sering menghantui. Tetapi Allah berikan tekad kuat untuk, “Mulai sajalah menulis…”

Tujuh bulan berlalu, Allah berikan keistiqomahan untuk terus menyelesaikan naskah buku ini. Tujuh bulan. Semua waktu itu untuk riset, menulis, riset, menulis, riset, editing, modifikasi, menulis dan seterusnya. Demi Allah, semua itu tidak akan mungkin kecuali dari Allah semata. Hampir 300 halaman folio, naskah buku ini pun selesai.

Naskah buku ini sempat ditolak salah satu penerbit Islam besar. Kecewa? Pasti (dalam perhelatan IBF 2020 silam, penerbit yang pernah menolak naskah buku ini pun hadir dan melombakan juga buku yang mereka terbitkan di kategori yang sama). Tetapi penolakan itu sudah menjadi bagian dalam proses menulis, dan penolakan media itu sudah dirasakan semenjak aktif menulis di waktu SD. Ada sekitar sepuluh naskah lebih yang pernah ditolak sebelum akhirnya di tahun 2003, naskah cerpen penulis memenangkan juara harapan 2, di sebuah sayembara majalah nasional.

Hingga akhirnya, Allah mengizinkan sebuah artikel yang penulis susun dimuat di Harian Republika di bulan Januari, 2016 di kolom Opini. Alhamdulillah, hingga hari ini, ada sekitar 35 artikel penulis di harian tersebut.

Sebagai seorang muslim, sia-sia kalau menulis tidak dikaitkan dengan ibadah. Memang sulit, sulitnya adalah menata keikhlasan, sebab jika ikhas – istiqomah adalah keniscayaan, dan ini hampir dipastikan dialami oleh seluruh penulis muslim lainnya. Menjaga keikhlasan merupakan perjuangan yang tak kalah beratnya dengan proses riset, penulisan, editing, dan penantian lama proofreading hingga publish, dan saya khawatir telah gagal dalam aspek ini.

Ini ada sebuah Review dari kawan dan sekaligus guru virtual. Profil reviewer. Apa yang beliau katakan terkait penulis (saya) tidak semuanya benar. Saya bukan orang ‘alim. Dan saya bersyukur kepada Allah Azza wa Jalla yang telah memberikan diri pendosa ini untuk terus belajar, menelaah, dan menulis.

Izinkan saya kasih tips untuk antum. Pertama, selalu minta pertolongan kepada Allah, termasuk sebelum memulai menulis. Kedua, paksakan mulai, dan jika telah mulai, paksakan untuk selesai. Ketiga, antum harus merasakan gagal. Saya tidak ingin membuat down, tapi ingin mendorong antum untuk tidak takut gagal. Sebesar apa rasa kecewaa itu ketika gagal, sedikit banyak mengindikasikan seikhlas apa kita dalam menulis.

Oya, ini untuk pemesanan.

Terakhir, Highlight buku ini di antaranya untuk:

✅ Pembaca yang ingin menyelami lebih jauh agama Zoroastrianisme, apakah sejak awal mereka menyembah api?

✅ Degenerasi dan denominasi Nasrani abad 7 M.

✅ Kondisi Sassaniyah Persia abas 7 M.

✅ Metode interpretasi jumlah pasukan para orientalis vs sejarawan muslim

✅ Karir militer Heraklius, komposisi militer Romawi Timur, taktik, dan doktrin tempur berdasarkan Strategikon, hingga menjelang wafatnya.

-✅ Pembaca yang ingin mengikuti hari demi hari jalannya Perang Yarmuk, serta komposisi, doktrin, perlengkapan militer, taktik, dan manuver dan formasi kedua kubu.

✅ Jejak monoteisme purba dan degenerasi tauhid.

Mudah-mudahan bermanfaat.

Barokallaahu fiikum

Buku berikutnya, Insya Allah, adalah mengenai sejarah komunitas Yahudi di Madinah di zaman Nabi shallallahu ‘alaihi wasallamm diterbitkan oleh Proumedia, Insya Allah. Standby….

4 thoughts on “Buku "Benarkah Kaisar Heraklius Masuk Islam?" Dan Islamic Book Award 2020 (Non Fiksi Dewasa Terbaik)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s